Senin, 19 Maret 2012

Laporan Akhir PPL


LAPORAN AKHIR
 PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
DI SMA BAKTI PONOROGO 
3 s/d 29 Januari 2011

Disusun Oleh :
Ulyatu Diniawati (07320931)
Rikka Yulita Diniati (07320913)
Endah Dwi Atmawati (07320921)
Wahyudi Utomo (07320936)
Ria Trisnawati (07320917)
Suprapti (07320916)
Edi Purnomo (07320942)
Yunita Susi Ariyanti (073209  )
Anis Megasari (07320968)

JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO
TAHUN 2011

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan ini dibuat sebagai persyaratan mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo tahun pelajaran 2010/2011 yang dilaksanakan di SMA BAKTI Ponorogo mulai tanggal 3 s/d 29 Januari 2011.

Ponorogo,   Februari 2011
Dosen Pembimbing Lapangan


Drs. Aris Budiono, M.Pd
Guru Pamong


Meita Popy Fradila, S.Pd

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA BAKTI Ponorogo


Dr. Agung Pramono, M.Pd.




KATA PENGANTAR

Segala puji hanya milik Allah SWT yang memiliki segala kebesaran dan keagungan, yang memberikan akal pikiran kepada manusia sehingga dengan karunia-Nya tersebut penulis dapat menyelesaikan Laporan Akhir Program Pengalaman Lapangan (PPL) ini. Laporan Akhir Program Pengalaman Lapangan (PPL) ini disusun untuk melengkapi tugas mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
Atas terselesaikannya Laporan Akhir Program Pengalaman Lapangan (PPL) ini, penulis menyampaikan terima kasih kepada:
1.      Bapak Drs. Sulton, M.Si. selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
2.      Bapak Dr. Julan Hernadi selaku Ketua Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
3.      Dr. Agung Pramono, M.Pd., selaku Kepala SMA Bakti Ponorogo.
4.      Bapak Drs. Aris Budiono, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan SMA Bakti Ponorogo.
5.      Ibu Meita Popy Fradila, S.Pd selaku Guru Pamong SMA Bakti Ponorogo.
6.      Seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
7.      Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan Laporan Akhir Program Pengalaman Lapangan (PPL) ini.
Semoga amal baik yang telah diberikan mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT. Semoga Laporan Akhir Program Pengalaman Lapangan (PPL) ini bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sangat penulis harapkan.



Ponorogo,  Februari 2011




Penulis
 
 





 
 
DAFTAR ISI

Halaman Judul ......................................................................................
Halaman Pengesahan ............................................................................
Gambar Denah Lokasi Sekolah ..............................................................
Kata Pengantar .....................................................................................
Daftar Isi ..............................................................................................
BAB I   PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ………………………………………………
B.     Tujuan ………………………………………………………
C.     Waktu dan Tempat PPL ......................................................
D.    Manfaat Pelaksanaan PPL ..................................................
BAB II SEJARAH PERKEMBANGAN SMA BAKTI PONOROGO
A.   Sejarah SMA Bakti Ponorogo ................................................
B.    Identitas Sekolah ..................................................................
C.    Visi ......................................................................................
D.   Misi .....................................................................................
E.    Tujuan Sekolah .....................................................................
BAB III PERSONEL SMA BAKTI PONOROGO
A.    Yayasan Pendiri ...................................................................
B.     Struktur Organisasi Sekolah ...................................................
C.     Tenaga Pengajar ..................................................................
BAB IV ADMINISTRASI, KURIKULUM, KESISWAAN, DISIPLIN    SMA BAKTI PONOROGO
A.    Mata Pelajaran .....................................................................
B.     Muatan Lokal .......................................................................
C.     Pengembangan Diri ..............................................................
D.    Pengaturan Beban Belajar .....................................................
E.     Ketuntasan Belajar ...............................................................
F.      Moving Class .......................................................................
G.    Kenaikan kelas, Penjurusan, Kelulusan dan Mutasi ..................
H.    Pendidikan Kecakapan Hidup ................................................
I.       Basis Keunggulan SMA BAKTI ............................................
J.       Hari dan Jam Belajar ............................................................
K.    Hari Libur ............................................................................
L.     Disiplin Sekolah ...................................................................
BAB V SARANA DAN PRASARANA SMA BAKTI PONOROGO ...
BAB VI PENUTUP .............................................................................
Lampiran
1.      Data keadaan guru
2.      Daftar nama TU/Karyawan
3.      Gambar denah kompleks sekolah
4.      Jadwal pelajaran
5.      Struktur SMA Bakti Ponorogo
i
ii
iii
iv
vi

1
2
3
3

5
6
7
8
8

10
10
24


25
54
58
61
62
65
67
70
71
71
72
73
74
76

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Tujuan pendidikan nasional seperti yang tercantum dalam GBHN adalah membentuk atau mewujudkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Negara kita adalah negara yang sedang membangun untuk melaksanakan pembangunan diperlukan generasi yang berkualitas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang terdapat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu meningkatkan kualitas pendidikan melalui pembaharuan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan keprofesian sesuai dengan bidangnya.
Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan akademik yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa FKIP sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program studinya. Kegiatan ini merupakan praktek dari segala teori yang telah diperoleh selama kuliah khususnya dalam materi profesinya sebagai calon tenaga pendidik yang mencakup latihan mengajar maupun tugas-tugas kependidikan secara terbimbing dan terpadu untuk persyaratan pembentukan pendidik yang professional.
Perlunya pelatihan mengajar pada PPL ini bagi calon-calon guru yaitu guru tidak hanya memiliki ketrampilan dan kepandaian dalam memberi materi pelajaran tetapi peranan sebagai motivator dan dinamisator serta jiwa kepemimpinan dalam membimbing dan mendidik sangat diharapkan. Pengalaman agar anak didik lebih manusiawi, memiliki moral yang tinggi sesuai dengan tujuan pendidikan.
  
B.     Tujuan
1.      Tujuan Umum
Tujuan Program Pengalaman Lapangan pada dasarnya dibagi menjadi tujuan secara umum dan secara khusus. Secara umum tujuan yang ingin dicapai dalam PPL ini adalah membekali siswa FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo menjadi pribadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, ketrampilan profesionalisme, nilai dan sikap yang cakap dan tepat dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran.
2.      Tujuan Khusus
Sedangkan tujuan Program Pengalaman Lapangan secara khusus adalah :
a.       Mengenal secara cermat lingkungan fisik, administrasi, akademik, dan social psikologi sekolah.
b.      Menguasai ketrampilan mengajar.
c.       Menerapkan berbagai kemampuan professional keguruan secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata.
d.      Mampu mengembangkan nilai advokatif dan social di lingkungan sekolah.
e.       Menarik kesimpulan nilai edukatif dari penghayatan dan pengalaman selama pelatihan melalui refleksi dan menerangkan hasilnya dalam bentuk laporan.

C.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan PPL
Program Pengalaman Lapangan ini dilaksanakan pada :
Tanggal     : 3 Januari – 29 Januari 2011
Tempat      : SMA Bakti Ponorogo

D.    Manfaat Pelaksanaan PPL
Manfaat yang dapat dirasakan dengan diadakannya Program Pengalaman Lapangan adalah :
1.      Bagi mahasiswa praktikum dapat menerapkan ilmu yang didapat dari kampus dan mengenal medan yang sesungguhnya serta memperoleh pengalaman yang dapat dimanfaatkan untuk masa yang akan datang. Selain itu dengan adanya kendala-kendala yang dihadapi selama melaksanakan Program Pengalaman Lapangan akan memperluas cara berfikir yang membutuhkan bakat dari berbagai ilmu yang telah diperoleh di bangku perkuliahan.
2.      Bagi sekolah dapat menyerap ilmu-ilmu yang diterapkan oleh mahasiswa praktikum untuk mengembangkan dan meningkatkan kemajuan dan kualitas serta ekstra pada sekolah tersebut.
3.      Bagi masyarakat, tersedianya calon-calon tenaga pendidik yang memiliki kualitas baik.

BAB II
SEJARAH PERKEMBANGAN SMA BAKTI PONOROGO

A.    Sejarah SMA Bakti
Tahun 1954 yayasan Batik Bakti mendirikan gedung yang merupakan cikal bakal SMA BAKTI sekarang ini. Pada saat itu tujuan didirikannya gedung ini belum konkrit, karena pada tahun 1957 SMA negeri berdiri dan belum memiliki gedung sendiri, sedangkan gedung Koperasi Bakti belum dipergunakan, maka atas kesepakatan Bupati Ponorogo, bapak Dasuki meminta gedung tersebut digunakan untuk SMA Negeri Ponorogo, dengan kesepakatan bagi keluarga atau pegawai Batik Bakti yang anaknya ingin belajar di sekolah tersebut tidak dikenakan persyaratan apapun, namun ternyata banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah Ma’arif dan Muhammadiyah.
Tahun 1983 SMA Negeri pindah lokasi ke utara Universitas Muhammadiyah Ponnorogo, yang telah disediakan oleh Pemerintah. Melilhat gedung dalam keadaan kosong, maka dibuat kesepakatan oleh Yayasan  Pendidikan Bakti untuk mendirikan SMA BAKTI. SMA Bakti adalah sekolah swasta yang dikelola oleh Yayasan Bakti yang berdiri sejak ditandatanganinya Akta Notaris SS. Sinilingga, SH Nomor 37 Tanggal 19 April 1983 untuk batas waktu tidak ditentukan. Nama Bakti merupakan sebuah akronim dari Batik Asli Kesenian Timur Indonesia. Pada tanggal 1 Juli 1983 dibuka pendaftaran pertama. Pada pendaftaran pertama ini SMA Bakti telah menerima murid yang ditempatkan menjadi 11 kelas.
Awal berdiri status sekolah tersebut masih terdaftar. Demi tertibnya administrasi dan seiring dengan perkembangan zaman maka status SMA Bakti mulai diperhatikan, hingga pada tahun 1998 mendapat status Akreditasi dengan surat keputusan (SK) Nomor : 33/C.C7/kep/MIN/1998. status SMA Bakti Ponorogo adalah sama dengan SMA Negeri lainnya, serta mempunyai wewenang penuh untuk mengurusi rumah tangganya sendiri seperti pelaksanaan Ujian Negara di setiap akhir tahun.

B.     Identitas Sekolah
Nomor statistic sekolah (NSS)      : 302051101007
Nama Sekolah                               : SMA BAKTI PONOROGO
Alamat                                          : Jl. Batoro Katong  No. 24 Ponorogo
No telp                                          : ( 0352 ) 481442
Email / fax                                     : office@smabakti.net / www.smabakti.net
Sekolah dibuka tahun                   : 1983
Tahu terakhir sekolah direnovasi  : 2006
Status Sekolah                              : Swasta
Akreditasi Sekolah                        : A
SK akreditasi terakhir                   : No. 04/5/BASDA-P/I/2005
Tanggal                                         : 25/01/2005
Klasifikasi Sekolah                       : SSN
Waktu Penyelenggaraan               : Pagi
No/ tanggal SK terakhir SS          : 421-3/284/108.08/05
Tanggal                                         : 26/07/2005
Keterangan SK                             : Pemutihan
Nama Yayasan                              : YAYASAN PENDIDIKAN BAKTI
Alamat                                          : Jl. Batoro Katong No.22 Ponorogo
No Telp                                         : 462219
Akte pendirian                              : 37
Tanggal                                         : 18/04/1983

C.    Visi           
Unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan iman, taqwa dan nilai-nilai keagamaan, serta menjunjung tinggi budaya bangsa

Indikator Visi Sekolah :
a. Terwujudnya kelembagaan sekolah yang selalu belajar (learning school)
b. Terwujudnya pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif
c. Terwujudnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien
d. Terwujudnya lulusan yang cerdas dan kompetitif
e. Terwujudnya SDM pendidikan yang memiliki kemampuan dan kesanggupan   kerja yang tinggi
f. Terwujudnya insan yang berbudi luhur
g. Terwujudnya warga belajar yang menjunjung tinggi budaya bangsa
h. Terwujudnya pembelajaran yang mandiri

D.    Misi
a.       Mewujudkan organisasi sekolah yang terus belajar
b.      Mewujudkan perangkat kurikulum yang lengkap,mutakhir dan berwawasan ke depan
c.       Mewujudkan penyelenggaraan pembelajaran aktif,kreatif dan efektif
d.      Mewujudkan lulusan yang cerdas dan berprestasi
e.       Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang cakap dan tangguh
f.       Mewujudkan pendalaman dan pengamalan agama dalam kehidupan sehari-hari
g.      Mewujudkan potensi warga sekolah secara optimal terhadap budaya bangsa
h.      Mewujudkan pembelajaran yang mandiri

E.     Tujuan Sekolah
a.                                           Menghasilkan kondisi sekolah dalam situasi belajar
b.      Menghasilkan pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan aspek untuk semua kelas (X,XI,XII) dan semua mata pelajaran
c.       Menghasilkan pencapaian standar isi, meliputi: telah dibuat/disusun KTSP, Silabus lengkap, Sistem penilaian lengkap, RPP lengkap
d.      Menghasilkan penyelenggaraan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
e.       Menghasilkan lulusan yang berprestasi sesuai kebutuhan berbagai sektor pembangunan
f.       Menghasilkan peserta didik yang berbudi luhur
g.      Menghasilkan kemampuan seni yang tangguh dan kompetitif
h.      Menghasilkan kemampuan KIR yang cerdas dan kompetitif
i.        Menghasilkan Tim Olimpiade yang tangguh dan kompetitif

0 komentar:

Poskan Komentar